Minggu, 17 Juli 2011

BELIMBING DEWI

Buah belimbing yang menggiurkan ini, adalah salah satu jenis belimbing unggulan. Buah ini dikenal dengan sebutan belimbing dewi. Tidak ada yang tahu pasti mengapa disebut belimbing dewi. Diduga nama itu berkaitan dengan rasa dan bentuk buahnya.
Buah belimbing dewi memang memiliki bentuk yang sempurna. Kulit mengkilap, dengan warna kuning bercampur oranye yang cerah. Ukurannya pun cukup besar.
Satu buah beratnya antara 200 sampai 250 gram, bahkan ada juga yang mencapai 500 gram. Diameternya berkisar antara 10 sampai dengan 15 centimeter. Belimbing dewi banyak ditanam di wilayah Depok, Jawa Barat, dan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.
Kadar air yang tinggi dalam buah belimbing dewi, membuat kesegarannya dapat bertahan lama, sekitar satu minggu. Padahal, belimbing jenis lain hanya dapat bertahan selama 2 sampai 3 hari.
Menanam pohon belimbing dewi, memerlukan perhatian yang khusus. Karena banyak hama tanaman yang dapat merusak buahnya. Diantaranya lalat buah, semut, burung, dan kelelawar. Untuk itu diperlukan penyemprotan pestisida secara teratur, agar mengurangi resiko terserang hama.

Selain itu, pemilihan buah yang akan dirawat juga memerlukan kejelian. Hanya buah yang memiliki bentuk sempurna saja yang akan dirawat. Yaitu dengan cara dibungkus dengan menggunakan kertas karbon yang dilapisi kertas koran.
Pembungkusan yang rapat dan baik, akan menghindarkan buah dari serangan hama, sekaligus menghasilkan warna buah yang cerah.
Hanya dalam waktu 2 bulan sejak proses pembungkusan, buah belimbing sudah dapat dipanen. Satu pohon belimbing yang tingginya 8 meter, dapat menghasilkan buah rata-rata seberat 30 kilogram. Dalam satu tahun, pohon belimbing dewi dapat dipanen 3 sampai 4 kali.
Sayangnya, pemasaran buah ini kerap menemui kendala. Tidak banyak petani yang memiliki lahan yang cukup luas, sehingga tidak dapat memasok secara rutin ke pasaran. Hal ini membuat belimbing dewi lebih banyak dijual di pinggir jalan. Padahal belimbing ini merupakan salah satu buah lokal yang dapat menandingi buah impor.
Dari sisi kesehatan, mengkonsumsi buah belimbing dewi dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Namun bagi yang memiliki masalah pada ginjal, kadar kolesterol tinggi dan penderita diabetes, tidak dianjurkan mengkonsumsi buah ini, karena mengandung asam oxalic dan gula yang tinggi.

untuk itu??
jika anda berminat dengan tanaman belimbing diatas???
datang ke workshop kami di : Jl. Bni Gang mushollah Rt006/008, kel munjul. kec. cipayung. jakarta timur.
(021)84974810
atau hubungi email kami :
panjalu_nursery@yahoo.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar